Jumat, 29 Mei 2015

Manfaat ASI Untuk Pertumbuhan Anak


Seperti yang kita tahu, ASI atau Air Susu Ibu merupakan sumber gizi yang sangat baik bagi tumbuh kembang anak. ASI eksklusif wajib diberikan setidaknya 6 bulan sejak anak lahir sebagai sumber makanan yang didapatkan untuk memenuhi asupan gizi dan nutrisi bagi setiap tahap pertumbuhan anak. Pasalnya, ASI mempunyai manfaat yang jauh lebih banyak dan sangat alami dibandingkan dengan jenis susu lainnya.

Berikut ini beberapa manfaat dari Air Susu Ibu yang dapat mempengaruhi tahap pertumbuhan dan juga perkembangan anak, antara lain :
  1. ASI mudah dicerna dalam sistem pencernaan anak yang belum terlalu sempurna.
  2. ASI dapat membentuk antibody yang alami dalam tubuh anak sehingga berbagai infeksi dapat dihindari.
  3. ASI menstimulasi pertumbuhan dan setiap tahap perkembangan yang dilalui sehingga anak akan semakin cerdas di kemudian hari.
  4. ASI memiliki komposisi nilai gizi dan nutrisi yang sangat penting dan bermanfaat untuk mengoptimalkan semua faktor pertumbuhan anak.
Selain bermanfaat untuk tahap pertumbuhan anak, ASI juga nyatanya bermanfaat bagi sang ibu yang menyusui karena ASI dapat membantu kondisi berat badan dan tubuh menjadi lebih stabil serta mendekatkan rasa emosional dan kasih sayang antara ibu dan anak. Itulah sebabnya memberikan ASI eksklusif sangatlah bermanfaat dan juga penting bagi semua ibu dan anak terutama untuk mengoptimalkan fase tumbuh kembang anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar